Contoh Surat Penangguhan atau Penundaan Pembayaran Barang / Produk

Contoh Surat Penangguhan atau Penundaan Pembayaran Barang/Produk - Pada kesempatan yang lalu wikisurat sudah membagikan beberapa contoh surat yang berkaitan dengan contoh surat ini,seperti contoh surat pengiriman pembayaran barang,contoh surat penawaran barang,contoh surat pengaduan barang rusak dll.nah pada kesempatan kali ini wikisurat akan membagikan contoh surat penangguhan pembayaran barang.

Contoh Surat Penangguhan atau Penundaan Pembayaran Barang Produk
Contoh Surat Penangguhan atau Penundaan Pembayaran Barang/Produk
Dalam aktivitas perdagangan, pada prinsipnya konsumen sebaiknya membayar pas pada waktunya, yaitu pada hal bagaimana keduanya bersepakat melakukan pembayaran,akan tetapi bila terjadi hal yang tidak terduga sehingga pembeli tidak bisa membayar pada tepat waktu,maka meminta penundaan pembayaran kepada pihak penjual adalah langkah yang harus dilakukan,namun pada umumnya melakukan penundaan pembayaran bukanlah hal yang mudah,konsumen harus dapat meyakinkan penjual bahwasanya apa yang terjadi padanya sehingga penjual dapat memahami dan memaklumi keterlambatan pembayaran.

PENGERTIAN SURAT PENANGGUHAN PEMBAYARAN

Surat penangguhan pembayaran adalah satu surat yang di buat serta dikirm oleh konsumen pada penjual yang berisi adalah permohonan atau memohon pada penjual supaya pembayaran di undur atau dipending untuk sesaat saat. Mengenai saat yang paling pas untuk kirim surat ini adalah sebelumnya pihak penjual kirim surat penagihan pembayaran atau sebelumnya tanggal jatuh tempo.

ISI POKOK SURAT PENANGGUHAN PEMBAYARAN

Mengenai beberapa hal yang butuh dituliskan dalam surat pengguhan pembayaran ialah seperti berikut : 
1. Argumen terjadinya keinginan penangguhan pembayaran 
2. Kapan serta lewat cara bagaimana hutang itu bakal dibayar 
3. Pernyataan permintaan maaf atas penundaan tersebut 
4. Beberapa hal lain yang sangkanya bisa memberikan keyakinan pihak penjual (creditur) kalau hutang itu bakal terlunasi. 

Dalam membuat surat penangguhan pembayaran yang baik serta benar, ada banyak hal yang butuh di perhatikan, yakni : 

1. Sambungkan surat penangguhan pembayaran dengan surat pengiriman pembayaran barang yang belum terlunaskan 
2. Terangkan dengan bhs yang baik kalau pembayaran belum bisa dilunasi dengan dibarengi bukti serta argumen yang kuat serta logis 
3. Terangkan kapan hutang itu bakal dilunaskan 
4. Terangkan bagaimana caranya pelunasan itu bakal dikerjakan 
5. Berikanlah pernyataan maaf atas penundaan tersebut 
6. Katakan beberapa hal lain yang butuh tercantum untuk memberikan keyakinan penjual 
7. Akhiri surat dengan perkataan terima kasih. 

Dari sedikit penjelasan di atas, pasti Anda telah memiliki sedikit deskripsi bagaimana bikin surat penangguhan pembayaran yang baik serta benar, tetapi untuk lebih detilnya, tersebut saya berikan contoh surat penagguhan pembaran barang/product.

CONTOH SURAT PENANGGUHAN ATAU PENUNDAAN PEMBAYARAN BARANG


                                                 CV. SEJAHTERA IG
                                              Jl. Keramat No. 21b
                                                     Banda Aceh
======================================================================
No : 23/IM/V/2016                                                                          11 Maret 2016
Hal : Penangguhan Pembayaran
Kepada
Yth. Direktur PT. Medan Jaya
Jl. Sisinagamaraja No. 312
Jakarta Pusat
Dengan Hormat,
Kami beritahukan kepada saudara bahwa menurut buku catatan kami, bahwa kami masih mempunyai sisa hutang Rp. 20.000.000 (dua puluh juta rupiah), yaitu faktur no. 210/EM/IV/2016 yang harus lunas pada tanggal 5 Maret 2016 yang akan datang.
Berhubung pada akhir-akhir ini di daerah pertokoan kami sering terjadi kerusuhan dab bahkan sebagian toko kami ada yang terbakar, maka usaha kami mengalami kemunduran bahkan barang-barang yang baru saja kami datangkan dari perusahaan Saudara belum sempat kami pasarkan.
Berkenaan dengan keadaan itu, kami mohon kerelaan saudara agar faktur tersebut dapat ditunda pembayarannya sampai pada awal Juni 2016 mendatang.
Mudah-mudahan kelonggaran waktu yang Saudara berikan kepada kami dapat kami pergunakan untuk berusaha semaksimal mungkin sehingga dapat melunasi hutang tersebut tepat pada waktu yang kami janjikan.
Demikianlah pemberitahuan kami. Atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami ucapkan banyak terima kasih.
Hormat kami
CV SEJAHTERA IG

Imran Maulana


CONTOH SURAT PENANGGUHAN PEMBAYARAN BARANG 

CV. MEURAH RAYA
Jl. Kerasan No. 40c
Bandung
======================================================================
Nomor  : 37/IM/IV/2016                                                       12 Desember 2015
Hal       : Penangguhan Pembayaran
Kepada
PT BLACK ELEKTRO
Jl. Bangai No. 102
Jakarta Timur
Dengan hormat,
Membalas surat Saudara Nomor: 56/EM/V/2015 tertanggal 13 Maret 2015 perihal penagihan pembayaran telah kami terima dengan penuh perhatian.
Setelah membaca surat tersebut, dengan sangat menyesal kami beritahukan bahwa kami belum dapat melunasi pembayaran untuk faktur Nomor: 210/EM/IV/2015 sebesar Rp 20.000.000 (dua puluh juta rupiah) atas pembelian barang-barang elektronik.
Hal ini disebabkan bangunan yang sedang dibuat dibobol banjir, sehingga mengalami kerugian total sebesar Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah).
Sehubungan dengan ini kami mohon maaf dan pengertian Saudara agar dapat menangguhkan pembayaran tersebut sampai 2 (dua) bulan mendatang. Kami berharap Saudara bersedia menyetujui permohonan ini.
Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.
Hormat kami,
CV MEURAH RAYA

Imran Maulana
Semoga contoh surat Penangguhan atau Penundaan Pembayaran Barang/Produk diatas dapat menjadi referensi bagi sobat yang membutuhkan contoh surat tersebut,wikisurat juga mengucapkan terima kasih karena telah berkunjung ke blog wikisurat,dan jika diantara sobat ada yang ingin me-request contoh surat tertentu,sobat dapat menulisnya di kolom komentar.