Contoh Surat Pernyataan Hutang Piutang dan Kesanggupan Membayar Bermaterai

Contoh Surat Pernyataan Hutang Piutang dan Kesanggupan Membayar Bermaterai - Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan contoh surat yang penting dalam kehidupan sehari-hari,surat ini juga sangat sering digunakan di masa sekarang demi mencegah terjadinya konflik dimasa depan,yaitu surat pernyataan hutang piutang yang disertai pernyataan kesanggupan membayarnya lengkap dengan materai.
Contoh Surat Pernyataan Hutang Piutang dan Kesanggupan Membayar Bermaterai
Seperti yang kita ketahui agar tidak terjadinya penipuan dan timbulnya masalah di kemudian hari,surat pernyataan hutang piutang dan kesanggupan membayar ini sangat penting dibuat sebelum sobat memberikan pinjaman uang kepada seseorang,dikarenakan jika masalah dengan uang,banyak saudara yang menjadi benci dengan saudaranya sendiri dikarenakan uang,oleh karena itu adanya surat ini diperlukan.

Dalam aktivitas kita keseharian kerap dihadapkan dengan beragam keadaan, satu diantaranya keadaan kewajiban untuk bertransaksi dengan orang lain, baik itu transaksi penjualan, pembelian, credit ataupun hutang. Sehubungan dengan hutang, ekonomi kita yang kurang baik dalam satu keadaan spesifik mengharuskan kita untuk berhutang pada orang lain. Dalam berhutang, pasti miliki sebagian ketentuan spesifik seperti bikin surat pernyataan hutang sebagai bukti bila munculnya perselisihan di saat mendatang.

Dalam menulis surat pernyataan hutang diperlukan kepercayaan dan pernyataan kalau kita mampu untuk membayar hutang dalam kondisi yg tidak sangat terpaksa serta memiliki niat baik dalam merampungkan semuanya permasalahan yang dihadapi. Oleh karena itu, supaya lebih terang, di bawah ini bakal saya berikan contoh surat pernyataan hutang dan sistem kesanggupan pelunasan hutang.

CONTOH SURAT PERNYATAAN HUTANG PIUTANG DAN KESANGGUPAN MEMBAYAR BERMATERAI

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama       : Imran Purnama
No. KTP   : _____________
Alamat     : Kampung indah lestari, jln Merak No. 21 Bandung
Dengan ini menyatakan:
1. Bahwa, pada tanggal 10 april 2016 saya telah melakukan peminjaman uang kepada saudara Ikbal bahtera sebesar Rp. 21.000.000 (dua puluh satu juta rupiah) dan berjanji akan mengembalikan pinjaman tersebut dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari atau jatuh tempo pada tanggal 30 April 2016;
2. Bahwa, sampai dengan tanggal jatuh tempo tersebut ternyata saya belum juga dapat mengembalikan pinjaman saya kepada saudara Ikbal bahtera;
3. Bahwa, dengan ini saya memohon keringanan kepada saudara Ikbal bahtera agar diberi perpanjangan jangka waktu untuk melunasi pinjaman saya tersebut untuk selama 30 (tiga puluh hari) lagi atau jatuh tempo pada tanggal 20 2016;
4. Bahwa, dalam hal saya tidak dapat melunasi pinjaman saya tersebut sampai dengan perpanjangan jangka waktu tersebut sebagaimana dimaksud Butir 3, maka saya bersedia mempertanggungjawabkan pinjaman saya tersebut secara hukum.
Demikian Surat Pernyataan ini saya buat dengan tanpa paksaan ataupun tekanan dari pihak manapun.

Bandung, 10 April 2016

Imran Purnama
Semoga contoh surat pernyataan hutang piutang dan kesanggupan membayarnya bermaterai diatas dapat menjadi referensi bagi sobat yang membutuhkan contoh surat tersebut,wikisurat juga mengucapkan terima kasih karena telah berkunjung ke blog wikisurat,dan jika diantara sobat ada yang ingin me-request contoh surat tertentu,sobat dapat menulisnya di kolom komentar.